Selasa, 09 Oktober 2012

BUNGA TELANG

BUNGA TELANG

Penggunaan ekstrak bunga telang tidak akan memengaruhi aroma atau cita rasa masakan. Sebab, ekstrak pewarna yang didapat dari mahkota bunga telang ini, hanya mengandung zat warna yang dikenal sebagai antosianin. Dalam keadaan asam, contohnya di dalam puding rasa buah, zat tersebut akan menghasilkan warna ungu violet. Sedangkan dalam keadaan basa, contohnya pada adonan ketan, ekstrak bunga ini akan berubah menjadi biru.
Tanaman yang banyak tumbuh di pekarangan ini bisa digunakan untuk mewarnai makanan. Airnya juga dipakai untuk minuman penyegar. Beberapa negara Asia dipakai sebagai maknanan alami untuk warna biru ungu yang cantik.

Tumbuhan merambat yang satu ini mudah ditemukan. Biasanya terdapat di perkarangan atau tepi hutan. Tanamannya tergolong dalam suku polong-polongan dan bernama latin Clitoria Ternatea. Pertama kali tumbuh di Asia dan sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropis.

Daunnya berbentuk bulat panjang dan tumpul, sedangkan bunganya cerah berwarna biru tua, lebar bunga sekitar 3 cm. Tanaman ini juga menghasilkan biji seperti polong yang panjangnya sekitar 5-7 cm. Tiap bungkus polong menghasilkan 6-10 biji. Selain berwarna biru tua, varietas lainnya juga ada yang berwarna putih.

Beberapa negara punya julukan sendiri untuk binga telang, seperti di Inggris menyebutnya Butterfly pea, Blue Pea vine dan Pigeon wings. Kalau di Malaysia dikenal dengan bunga telang, di Thailand disebut dok anchan, di Kanada disebut nagar hedi, sedangkan di Malayam disebut Sankhupushpam dan di Jakarta disebut Teleng.

Bunga telang ini banyak tumbuh dipekarangan bunganya berwarna biru terang. Di Asia Tenggara sering dimanfaatkan untuk pewarna makanan. Sedangkan ekstrak bunganya sering dipakai untuk mewarnai ketan di Malaysia. Kalau di Thailand, air berwarna biru pada tanaman ini digunakan untuk minuman penyegar dan dikenal sebagai nama dok anchan.

Sumber :
www.femina.co.id/kuliner/info.kuliner/bunga.telang/004/002/20
http://food.detik.com/read/2012/06/04/093340/1931769/297/bunga-telang-si-ungu-cantik-pewarna-alami

2 komentar:

  1. Bila ada yang membutuhkan bunga telang dapat menghubungi kami.....
    Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan anda mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 200 bunga, 400 bunga, dan 500 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 20 cm- 30 cm
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga antara 1 – 4 bunga dan bunganya bisa langsung anda petik sendiri.
    Silahkan bagi yang berminat dan ingin segera memiliki, hubungi kami melalui telepon/SMS ke nomor :
    081384824904
    BB :
    KC Nursery
    Christo

    DAPATKAN BERBAGAI MACAM KHASIAT DAN KEGUNAAN KEMBANG TELENG DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI ANDA....

    BalasHapus
  2. OMAH COLOMADU :
    juga tersedia.....:
    1. Bunga Teleng Kering Siap Pakai
    kemasanekonomis isi : 220 bunga kering
    2. Bunga Teleng Segar Petik, anda bisa langsung memetik sendiri Bunga Teleng yang anda butuhkan...
    3. Biji Bunga Teleng
    4. Bibit Tanaman Bunga Teleng

    Kunjungi dan hubungi kami

    OMAH COLOMADU
    Fransiska Anni
    081548649707

    Tidak jauh dari Kartasura
    Dekat dengan perempatan Colomadu
    Dekat pabrik Gula Colomadu
    Dekat dengan kompleks Perumahaan AURI
    Disekitar Klegen Colomadu....

    BalasHapus